Home > Uncategorized > Kepercayaan Dayak..

Kepercayaan Dayak..

Agama adat Dayak adalah Kaharingan, bentuk animisme yang, untuk tujuan resmi, ini dikategorikan sebagai bentuk agama Hindu di Indonesia.

Selama dua abad terakhir, beberapa orang Dayak masuk Islam, meninggalkan ritus-ritus budaya dan praktik tertentu. Kristen diperkenalkan oleh misionaris Eropa di Kalimantan. Perbedaan agama antara Muslim dan Kristen asli Kalimantan telah menyebabkan, pada berbagai waktu, untuk ketegangan komunal.

Namun orang Dayak Muslim telah tetap mempertahankan identitas asli mereka dan terus praktek berbagai adat konsisten dengan agama mereka.

Sebuah contoh dari identitas umum, lebih dan di atas keyakinan agama, adalah kelompok Melanau. Meskipun populasi kecil, bagi pengamat kasual, yang tinggal pesisir Melanau Sarawak, umumnya tidak mengidentifikasi dengan satu agama, sebagai beberapa dari mereka memiliki agama Islam dan Christianised selama periode waktu.

Meskipun penghancuran agama-agama pagan di Eropa oleh orang Kristen, kebanyakan orang yang mencoba untuk melestarikan agama orang Dayak adalah misionaris. Misalnya Pendeta William Howell yang telah memberikan kontribusi ke Sarawak Berita Nasional. Sumbangannya juga dikompilasi dalam buku The Dayak Laut dan Races Lainnya Sarawak.

  1. arda
    June 6, 2010 at 12:26 pm

    satu hal yang terlintas di kepala kalo ngom tentang dayak…
    adat nya yang kental..dan budaya nya yang g terpengaruh dengan perkembangan jaman….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: